Address
LAMPUNG Jl. Malabar Raya Blok O No. 8-9 Way Halim JAKARTA Jln. Kampung Bandan Kota Kec. Ancol Jakarta Utara
Phone
(Office Hour) +62-721-785463, (WA) 0821-7862-9333
Email
arthaperkasa@gmail.com

Syarat dan Ketentuan Arthalogistics App

Diterbitkan Minggu, 22 Desember 2024

Syarat dan Ketentuan Arthalogistics App

Selamat datang di Arthalogistics App, aplikasi startup yang dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan transportasi dan logistik Anda.

Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk mengatur hak & kewajiban kedua belah pihak secara legal. Pengguna harap membaca dengan cermat segala syarat & ketentuan yang ada sebelum menggunakan layanan Arthalogistics App. Pengguna diperkenankan untuk menggunakan layanan Arthalogistics App jika menyetujui seluruh syarat dan ketentuan berikut.

DEFINISI

  1. Arthalogistics App adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi Android sendiri dan melakukan manajemen aplikasi yang dibuat di Arthalogistics App.
  2. Arthalogistics App tidak bertindak sebagai penjual produk/vendor jasa yang ada di layanan ini, namun sebagai pihak yang menyediakan fitur aplikasi dan memfasilitasi transaksi antara penjual/vendor dan pembeli sesuai dengan sistem Arthalogistics App demi keamanan dan kenyamanan pihak-pihak yang menggunakan layanan Arthalogistics App.
  3. Pengguna adalah perseorangan maupun badan usaha yang menggunakan layanan Arthalogistics App untuk membuat aplikasi Android.
  4. Pembeli adalah pengguna yang melakukan pembelian produk (barang/jasa) melalui aplikasi yang dibuat oleh Penjual/Vendor di Arthalogistics App.
  5. Penjual adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa barang melalui Arthalogistics App.
  6. Vendor adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa jasa melalui Arthalogistics App.
  7. Produk adalah barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual/vendor melalui Arthalogistics App.
  8. Rekening Arthalogistics Appadalah rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran dari Penjual/Vendor untuk dapat mengakses fitur dari Arthalogistics App.
  9. 1 Bulan masa berlaku paket yang dimaksudkan dalam Arthalogistics App adalah 30 Hari sejak mulai berlakunya paket atau terhitung sejak perpanjangan paket.
    (misalnya jika paket berakhir pada tanggal 31 Agustus dan diperpanjang, maka paket akan ditambahkan 30 hari terhitung dari tanggal 1 September yang mana perpanjangan paket berikutnya perlu dilakukan pada tanggal 30 September)
  10. Hasil aplikasi buatan dapat di upload ke Google Play Store. Namun untuk penilaian Google Play Store terkait aplikasi buatan yang di upload sepenuhnya menjadi hak Google Play Store dan tanggung jawab pengguna sebagai pemilik aplikasi buatan. Pihak Arthalogistics App tidak ikut bertanggung jawab dalam segala hasil penilaian Google Play Store karena dalam proses upload aplikasi buatan ke Google Play Store melibatkan pihak Google Play Store dan pihak pengguna sebagai pemilik aplikasi buatan.
  11. Untuk status kepemilikan akun dan/atau aplikasi Pengguna akan Arthalogistics App nilai berdasarkan data informasi akun Pengguna seperti email, nomor HP, dan data verifikasi KTP sesuai yang tercatat pada sistem Arthalogistics App
  12. Apabila di kemudian hari ada pihak yang mengaku sebagai pemilik akun dan/atau aplikasi Pengguna, dan ingin mengklaim akun dan/atau aplikasi Pengguna tersebut, maka pihak Arthalogistics App akan berpatokan pada data yang tercantum pada sistem Arthalogistics App sebagai pemilik akun dan/atau aplikasi Pengguna yang sah. Namun apabila ada dokumen legalitas perusahaan yang dapat diberikan selain dari data yang tercatat pada informasi akun Pengguna, maka Arthalogistics App akan mempertimbangkan status kepemilikan akun dan/atau aplikasi berdasarkan informasi yang diberikan.

AKUN

  1. Pengguna menyatakan akan menggunakan akun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku serta bersedia menerima konsekuensinya apabila melanggar syarat dan ketentuan.
  2. Pengguna wajib mengisi identitas pribadi dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang sebenar-benarnya.
  3. Arthalogistics App tidak akan menyalahgunakan identitas pribadi pengguna.
  4. Pengguna wajib menjaga keamanan akunnya sendiri dengan merahasiakan email dan sandi yang digunakan agar tidak disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Segala kerugian yang timbul akibat dari kelalaian pengguna menjaga kerahasiaan akun menjadi tanggung jawab pengguna.
  5. Arthalogistics App tidak akan pernah meminta sandi kepada pengguna.
  6. Pengguna yang mendaftar berhak untuk:
  • Membuat aplikasi Android
  • Bertindak sebagai penjual/vendor Arthalogistics App
  1. Pengguna yang akan bertindak sebagai penjual/vendor wajib membuat aplikasi Android terlebih dahulu sebelum mengunggah produk/jasa yang akan dijualnya.
  2. Pengguna yang akan bertindak sebagai pembeli tidak wajib membuat aplikasi Android terlebih dahulu melalui layanan Arthalogistics App.
  3. Arthalogistics App berhak mengambil tindakan yang dirasa perlu (meliputi namun tidak terbatas pada menghapus produk/jasa yang dijual, menghapus aplikasi Android, maupun menghapus akun pengguna) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna jika ada indikasi pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan maupun hukum yang ada.
  4. Untuk tindakan penghapusan aplikasi Android dan/atau penangguhan akun pengguna oleh Arthalogistics App, apabila didapati pengguna telah mentransfer biaya berlangganan paket premium Arthalogistics App dan melakukan transaksi lainnya, tidak akan ada biaya pengembalian/refund atas biaya yang sudah di transfer. Biaya yang sudah di transfer sepenuhnya menjadi hak milik Arthalogistics App.
  5. Arthalogistics App berhak untuk menolak permintaan pembuatan aplikasi dan/atau website jika aplikasi dan/atau website yang dibuat dinilai:
    • Tidak mengandung muatan informasi yang berguna bagi masyarakat
    • Bersifat seperti media sosial, aplikasi chatting atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan fitur dari Arthalogistics App
    • Mengandung unsur-unsur negatif (pornografi, pembajakan, indikasi penipuan, ujaran kebencian dan lainnya)
    • Menawarkan produk dan/atau layanan keuangan yang menipu atau berbahaya kepada pengguna tanpa ada dokumen perijinan resmi yang di wajibkan oleh negara untuk layanan keuangan ini. Termasuk dalam kategori ini, tetapi tidak terbatas pada, pengelolaan atau investasi uang dan mata uang kripto, saham, arisan online, dan pinjaman pribadi
    • Menawarkan produk dan/atau layanan yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna untuk bertaruh, mempertaruhkan, atau berpartisipasi menggunakan uang sungguhan (termasuk item dalam aplikasi dan/atau website yang dibeli dengan uang) untuk mendapatkan hadiah. Termasuk dalam kategori ini, tetapi tidak terbatas pada, perjudian, kasino online, taruhan, togel, dan lotre yang menerima uang dan menawarkan hadiah uang tunai atau nilai lainnya
    • Mengandung unsur produk terlarang sebagaimana dikategorikan oleh Arthalogistics App (lihat bagian produk terlarang)
    • Tidak patuh pada hukum yang berlaku
    • Dapat memperburuk citra Arthalogistics App sebagai software pembuat aplikasi Android.
    • Belum dibuat dengan baik menurut standar Arthalogistics App, yang meliputi:
      • Masih berbentuk template
      • Hanya ada sedikit menu
      • Dan lainnya (akan dinilai secara subjektif dari pihak Arthalogistics App)
  6. Aplikasi yang sudah dibuat akan ditinjau ulang selama kurang lebih 1 bulan, Arthalogistics App berhak menghapus aplikasi tersebut jika aplikasi tersebut dinilai kurang dimanfaatkan dengan tepat, yang meliputi:
    • Tidak ada perubahan pada aplikasi yang dibuat
    • Tidak ada pertumbuhan jumlah unduhan di aplikasi
  7. Pengguna dilarang untuk menciptakan atau menggunakan sistem yang bertujuan untuk memanipulasi sistem Arthalogistics App.
  8. Pengguna tidak diperbolehkan untuk memperjualbelikan aplikasi buatan dan akun Arthalogistics App milik pengguna.
  9. Arthalogistics App berhak melakukan penyesuaian terhadap data penjualan (meliputi jumlah transaksi, jumlah bintang yang mewakili reputasi penjual/vendor, serta review yang ada) jika diketahui atau diduga penjual/vendor melakukan kecurangan untuk memanipulasi data penjualan, misalnya melakukan transaksi membeli produk sendiri dengan akun pribadi lainnya untuk meningkatkan reputasi penjual.
  10. Bilamana Pengguna melanggar ketentuan hukum yang berlaku, maka pihak Arthalogistics App berhak untuk memberikan bantuan kepada pihak berwenang terhadap Pengguna tersebut.
  11. Pengguna wajib menghargai hak-hak pengguna lainnya dengan:
    • Tidak menggunakan kata-kata yang bersifat kasar, hinaan, menyinggung SARA, fitnah, pencemaran nama baik, maupun menyudutkan pihak lain
    • Tidak melakukan upaya penipuan dalam bentuk apa pun kepada pengguna lain
    • Tidak menyebarkan informasi pribadi pengguna lain kepada pihak lain tanpa ijin dari pihak yang bersangkutan
    • Tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum Indonesia maupun hukum universal yang berlaku.
  12. Per tanggal 07 Desember 2020 semua data Pesan pada Aplikasi Arthalogistics App akan kami hapus demi kelancaran server. Selanjutnya sewaktu-waktu data Pesan dapat kami hapus (dengan catatan bahwa data Pesan telah berusia lebih dari 1 bulan).
  13. Untuk pemindahan Aplikasi antar akun Arthalogistics App dapat diterima apabila akun baru tujuan pemindahan Aplikasi tidak tercatat sedang dalam masa freetrial. Apabila akun baru tujuan pemindahan tercatat sedang dalam masa freetrial maka pihak Arthalogistics App berhak menolak request pemindahan Aplikasi. Atau apabila user yang bersangkutan bersedia untuk di nonaktif kan freetrial nya pada akun baru tujuan, maka permintaan pemindahan Aplikasi dapat diterima.
  14. Dana yang telah ditransfer Pengguna untuk membayar paket berlangganan premium tidak dapat dikembalikan dan sepenuhnya menjadi hak milik Arthalogistics App.

PEMBELIAN

  1. Arthalogistics App hanya menjadi fasilitator untuk membantu Penjual/Vendor membuat aplikasi android.
  2. Pembeli yang melakukan transaksi dengan Penjual/Vendor, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Penjual/Vendor yang bersangkutan
  3. Pembeli wajib membaca, memahami, dan setuju dengan informasi barang/jasa dan deskripsi barang/jasa sebelum memutuskan melakukan pembelian. Segala kerugian yang timbul akibat kelalaian pembeli dalam memahami deskripsi barang/jasa merupakan tanggung jawab pembeli.
  4. Pembeli wajib memahami bahwa warna produk dapat sedikit berbeda dari warna yang dilihat karena warna produk yang tampil di layanan Arthalogistics App dipengaruhi oleh layar/monitor masing-masing perangkat yang digunakan pembeli.
  5. Pembeli wajib memahami bahwa kesediaan stok produk tergantung masing-masing penjual dan bukan merupakan tanggung jawab Arthalogistics App. Apabila stok produk kosong maka penjual akan menolak pesanan dan pembayaran akan dikembalikan secara penuh kepada pembeli.
  6. Segala bentuk transaksi pribadi yang dilakukan antara penjual dan pembeli tanpa melalui rekening Arthalogistics App (tanpa pengantara) merupakan tanggung jawab dari masing-masing pihak terkait. Arthalogistics App tidak bertanggung jawab jika ada kerugian yang ditimbulkan oleh transaksi yang tidak melalui rekening Arthalogistics App.
  7. Untuk pembayaran dengan pengantara Arthalogistics App, pembayaran wajib dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam ke rekening resmi Arthalogistics App setelah proses check out untuk pembelian barang. Pembelian wajib dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam setelah pemesanan jasa diterima oleh vendor untuk pembelian jasa.
  8. Pembayaran dengan rekening Arthalogistics App sebagai pengantara wajib transfer sesuai dengan nominal yang akan keluar setelah proses check out selesai meliputi harga produk, biaya ongkos kirim, dan kode unik yang berfungsi untuk sebagai kode masing-masing transaksi. Contoh: harga produk Rp 50.000, biaya ongkos kirim Rp 5.000, kode unik Rp 132 maka jumlah yang akan muncul untuk dibayarkan adalah Rp 55.132 agar dapat dilacak oleh sistem kami.
  9. Kode unik transfer yang tercantum adalah untuk mempermudah sistem kami dalam melakukan pengecekan transaksi dana. Pastikan kode unik yang di transfer sesuai dengan yang tertera di Invoice untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Jika Keberatan, Pengguna berhak untuk mengabaikan kode unik dan hanya membayar nilai pokok. Bilamana pengguna hanya membayarkan nilai pokok, pembayaran yang dilakukan harus dilakukan konfirmasi manual ke customer service kami dan kemungkinan proses otorisasi Pembayaran juga lebih lama atau terhambat dikarenakan banyaknya transaksi yang terjadi setiap harinya.
  10. Pembeli akan menerima nomor resi setelah pesanan berupa barang dikirim oleh penjual dan nomor resi sudah diinput oleh penjual ke Arthalogistics App.
  11. Jika pembeli belum menerima nomor resi dalam waktu 3 hari setelah pembayaran maka pesanan dianggap dibatalkan oleh penjual dan dana akan dikembalikan sepenuhnya pada pembeli.
  12. Dana akan diteruskan kepada penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan pesanan atau status pesanan diubah menjadi selesai secara otomatis oleh sistem.
  13. Arthalogistics App akan mengganti status pesanan menjadi selesai setelah 7 hari dari penjual melakukan input nomor resi ke Arthalogistics App, jika tidak ada komplain apapun baik dari pihak pembeli maupun penjual.
  14. Jika ada permasalahan transaksi yang belum terselesaikan karena penjual dan pembeli belum mencapai kesepakatan solusi, maka Arthalogistics App memiliki wewenang sepenuhnya untuk membuat keputusan dengan melihat bukti-bukti yang ada dan kedua belah pihak wajib tunduk sepenuhnya pada keputusan Arthalogistics App.

PENJUALAN

  1. Penjual/vendor wajib memberikan keterangan selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya mengenai produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa. Arthalogistics App berhak menahan/membatalkan dana untuk diteruskan kepada penjual/vendor jika terbukti penjual/vendor tidak memberikan informasi yang sebenarnya mengenai produk/jasa yang dijual.
  2. Penjual/vendor dilarang melakukan manipulasi harga produk yang diunggah di dalam aplikasi yang dibuat di Arthalogistics App.
  3. Penjual wajib melakukan konfirmasi penerimaan pesanan dalam waktu 2 hari sejak pesanan dibuat. Jika dalam 2 hari penjual belum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan, maka pesanan akan otomatis dianggap ditolak oleh penjual.
  4. Penjual wajib konfirmasi dahulu pada pembeli jika stok barang tidak mencukupi pesanan dari pembeli sebelum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan. Transaksi dapat dilanjutkan jika pembeli setuju untuk tetap membeli dalam kuantitas yang ditawarkan dan kelebihan dana akan dikembalikan pada pembeli.
  5. Penjual wajib melakukan input resi maksimal 3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/Hari Libur Nasional) setelah menerima pesanan. Jika nomor resi belum diinput dalam 3 hari kerja maka pesanan otomatis akan dibatalkan.
  6. Penjual wajib memasukkan nomor resi yang sebenarnya dan dilarang memanipulasi nomor resi. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu transaksi. Arthalogistics App berhak menahan /membatalkan dana untuk diteruskan kepada penjual jika terbukti penjual tidak memberikan nomor resi yang sesuai atau melakukan kecurangan  dalam hal pengiriman barang.
  7. Penjual dilarang meneruskan pengiriman barang pada transaksi yang telah dibatalkan karena melampaui batas waktu yang ditetapkan. Segala kerugian yang timbul akibat penjual mengirimkan barang yang telah dibatalkan transaksinya merupakan tanggung jawab penjual.
  8. Penjual diijinkan untuk mengganti jasa pengiriman dari jasa pengiriman yang disepakati di awal dengan syarat biaya jasa pengiriman pengganti harus lebih rendah dari jasa pengiriman yang disepakati di awal. Kelebihan ongkos kirim akan dikembalikan pada pembeli.
  9. Jika terdapat selisih ongkos kirim antara biaya di sistem dan di jasa pengiriman yang bersangkutan, penjual dapat meneruskan transaksi dengan memahami bahwa tidak akan ada penggantian selisih ongkos kirim atau penjual dapat melakukan komplain ke pihak Arthalogistics App/jasa pengiriman yang bersangkutan untuk penelusuran lebih lanjut.
  10. Arthalogistics App memiliki wewenang untuk menahan dana hasil penjualan jika ada komplain mengenai  transaksi dari pihak pembeli (meliputi namun tidak terbatas pada barang/jasa tidak diterima, nomor resi tidak dapat dilacak, kualitas produk) sampai ada solusi permasalahan untuk transaksi tersebut atau ada konfirmasi dari pembeli bahwa transaksi telah dianggap selesai.
  11. Penjual/vendor dilarang menjual barang-barang terlarang, yang akan dijabarkan lebih lanjut pada poin selanjutnya.

PRODUK TERLARANG

  1. Obat-obatan maupun zat yang dilarang/dibatasi peredarannya oleh hukum di Indonesia (meliputi namun tidak terbatas pada Narkotika, obat keras, obat yang tidak terdaftar di BPOM, obat yang memerlukan resep dokter, dan obat bius).
  2. Kosmetik dan makanan yang tidak terdaftar di BPOM atau berpotensi membahayakan penggunanya.
  3. Bahan yang termasuk kategori Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan.
  4. Senjata api dan kelengkapannya, airsoft gun dan kelengkapannya, senjata tajam dan kelengkapannya, replika senjata, maupun jenis senjata lainnya.
  5. Kategori produk tertentu yang wajib memiliki SNI, petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau label dalam Bahasa Indonesia sementara produk yang ingin dijual tidak memenuhi standar tersebut.
  6. Segala bentuk tulisan yang  dapat berpengaruh negatif bagi Arthalogistics App.
  7. Barang-barang yang kepemilikannya atau peredarannya dilarang oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
  8. Media rekam dalam bentuk apa pun (CD/VCD/DVD/lainnya) yang melanggar Undang-Undang Hak Cipta. Contohnya yang merupakan CD/VCD/DVD bajakan.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam atau atribut pemerintahan.
  11. Seragam atau atribut kepolisian.
  12. Barang/rekaman dengan konten yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban, dan stabilitas nasional.
  13. Bagian/organ manusia.
  14. Mailing list dan informasi pribadi.
  15. Barang-barang yang menyudutkan pihak/ras tertentu atau merendahkan martabat orang lain.
  16. Barang yang mudah meledak/terbakar.
  17. Barang-barang yang berkaitan dengan pornografi dan aktivitas seksual, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diijinkan untuk diperjualbelikan menurut aturan hukum.
  18. Minuman beralkohol.
  19. Barang curian.
  20. Barang yang diklaim memiliki kekuatan gaib/mistis.
  21. Barang-barang yang mendukung aktivitas pencurian/tindak kejahatan lainnya.
  22. Barang-barang yang mendukung aktivitas pelanggaran hukum di Indonesia.
  23. Barang-barang dari Black Market.
  24. Barang-barang tiruan/palsu/KW dari merk terdaftar.
  25. Pakaian dalam bekas.
  26. Hewan/binatang peliharaan.
  27. Uang tunai dan materai.
  28. Dokumen-dokumen resmi seperti sertifikat, ijazah, surat dokter, kwitansi, dan sebagainya.
  29. Segala jenis barang yang melanggar ketentuan pengiriman barang di Indonesia.
  30. Segala jenis barang yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.
  31. Jasa yang berkaitan dengan tindakan yang dilarang secara hukum di Indonesia. Contohnya: prostitusi, aborsi, pembunuh bayaran, dan lain-lain.
  32. Jasa yang merugikan atau mengganggu privasi orang lain/golongan tertentu. Contohnya: buzzer untuk hate speech, pembuat konten hoax, mata-mata, hacking, peretasan dan lain-lain.
  33. Jasa yang berkaitan dengan ilmu mistis.

DANA

  1. Dana pembelian wajib ditransfer ke rekening resmi Arthalogistics App, jika belum menjadi member tetap agar transaksi dapat diproses. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
  2. Apabila transaksi pembelian dibatalkan oleh penjual, dana pembelian akan dikembalikan ke saldo di akun Arthalogistics App pembeli yang dapat pembeli tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service Arthalogistics App. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
  3. Dana hasil transaksi penjualan akan diteruskan kepada penjual setelah transaksi selesai. Dana akan masuk ke saldo di akun Arthalogistics App penjual yang dapat penjual tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service Arthalogistics App. Rekening di luar BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.

Tanggal terakhir diperbaharui: 24 Juli 2022