Image via Freepik
Pergerakan barang dari produsen ke konsumen lebih efektif dan efisien dengan jasa logistik.
Layanan yang diberikan jasa logistik mencakup semua proses mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan monitor untuk segala urusan yang berkaitan dengan proses keberangkatan barang hingga sampai ke tempat tujuan.
Jasa logistik sendiri memiliki berbagai fungsi mulai dari meningkatkan efektivitas proses logistik, meningkatkan keamanan dan keselamatan barang, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
Dengan segala keuntungan yang dapat diberikan layanan logistik, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan sebelum memilihnya. Jika tidak, akan ada berbagai permasalahan yang dapat timbul.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus ditanyakan kepada jasa logistik.
1. Layanan yang Diberikan
Dalam jasa logistik, terdapat berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Misalnya, terdapat layanan gudang di mana gudang pada logistik menjadi tempat untuk menyimpan barang sebelum dikirim ke alamat tujuan. Biasanya, layanan ini diperlukan jika Anda melakukan pengiriman jarak jauh.
Selain itu, ada layanan kargo atau pengiriman kargo. Biasanya, barang kiriman berupa barang besar atau memiliki volume yang tinggi sehingga memerlukan jenis kendaraan besar seperti truk hingga kapal laut.
Jasa layanan lainnya adalah layanan kurir yang biasa digunakan untuk mengirim paket atau pesanan dan layanan dokumentasi seperti pembuatan surat atau sertifikat. Layanan ini bisa digunakan siapa saja.
Misalnya, Anda bergerak di bisnis pembuatan video explainer dan memerlukan pengiriman harddisk secara cepat, maka Anda dapat memilih layanan kurir dari jasa logistik pilihan Anda.
Pastikan bahwa jasa logistik yang Anda pilih memiliki layanan yang Anda butuhkan.
2. Biaya Logistik
Untuk setiap layanan dari jasa logistik, tentunya ada biaya yang perlu dibayarkan.
Dengan begitu, pastikan Anda bertanya dan melakukan komunikasi terkait biaya dan informasi lainnya yang diperlukan seputar layanan logistik yang Anda pilih.
Biasanya, biaya logistik sering menjadi masalah utama karena harga nya yang tidak menentu. Hal ini bisa terjadi karena ukuran barang, volume barang, hingga jarak pengiriman.
Oleh karena itu, pastikan untuk tanyakan kepada jasa logistik pilihan Anda terkait rincian biaya layanan untuk pengiriman barang Anda. mulai dari biaya transportasi, gudang, penanganan, hingga bahan bakar tambahan perlu Anda tanyakan.
Dengan demikian, anggaran Anda tidak akan bengkak hanya karena pengiriman.
3. Asuransi Barang
Terakhir, pastikan untuk bertanya mengenai jaminan atau asuransi barang.
Dalam pengiriman barang menggunakan jasa logistik, Anda tentunya tidak menginginkan hal buruk terjadi seperti barang yang dibobol, kehilangan barang, keterlambatan pengiriman, atau bahkan barang yang dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab.
Kendala seperti itu tentunya terjadi karena berbagai faktor terduga dan tidak seperti kemacetan, cuaca buruk, dan kendala teknis lainnya. Oleh karena itu, tak hanya Anda yang mengalami keterlambatan namun penerima barang juga bisa mengalami penurunan kepuasan.
Semua kendala tersebut tentunya bukan salah Anda, dengan demikian, Anda harus memastikan kebijakan yang diberikan oleh jasa logistik terkait kendala-kendala ini dan yang paling penting adalah asuransi pengiriman barang Anda.
Misalnya, jaminan ongkos kirim kembali atau potongan harga jika ada keterlambatan, ganti rugi jika adanya kehilangan paket, asuransi keselamatan barang, serta jaminan lainnya.
Hal ini untuk memastikan Anda tidak mengalami kerugian berlebihan karena masalah teknis dari jasa logistik.
…
Itu dia semua hal yang perlu Anda tanyakan pada jasa logistik sebelum memilihnya.
Selalu berhati-hati dalam memilih jasa logistik dan layanannya agar Anda bisa mengirim barang, produk, atau jasa dengan hati yang tenang tanpa kekhawatiran akan hal buruk atau kerugian.